Karena Pandemi Corona, Esports Diputar Melesat 495 Juta Jam Sepekan

0
53
Balapan MotoGP dalam bentuk virtual game eSports yang diikuti para rider MotoGP akibat pandemi corona melanda dunia.
Balapan MotoGP dalam bentuk virtual game Esports yang diikuti para rider MotoGP akibat pandemi corona melanda dunia.

 

RADAR BOGOR, Terhentinya kompetisi olahraga karena pandemi virus korona baru membuat para penggemar beralih ke Esports. Olahraga virtual ini memetik ‘keuntungan’ besar.

“Kami mencatatkan lonjakan besar dalam jumlah penonton atas tayangan Esports,” kata Wakil Presiden Senior Divisi Gaming Kompetitif Electronic Arts Inc Todd Sitrin sebagaimana dilansir Reuters.

Dia juga menyebut game Apex Legends mencatatkan lonjakan dua hingga tiga kali pemirsa pada kuartal pertama 2020. Itu jika dibandingkan masa normal.

“Seluruh kompetisi olahraga tradisional ditangguhkan demikian juga siarannya, sehingga kini para penggemar mencari cara untuk memenuhi dahaga olahraga mereka,” katanya.

Turnamen Esports biasanya disiarkan lewat layanan streaming seperti Twitch, YouTube Gaming, Facebook Gaming, dan Mixer. Ajang-ajang itu kini mulai disiarkan oleh kanal televisi konvensional seperti ESPN dan Fox Sports.

Di sektor layanan streaming daring, juga tercatat lonjakan pemirsa hingga 43 persen atau mencapai durasi pemutaran hingga 495 juta jam sepekan sejak 29 Maret. Demikian menurut firma analis Stream Hatchet.

Sementara itu, menurut laporan Nielsen Sports, balapan Texas Motor Speedway di seri eNASCAR iRacing menjadi tayangan Esports paling ditonton hingga 30 Maret. (jpc)