Resmi, Indonesia Punya Tim Sendiri di Ajang Balapan Dunia MotoGP

0
30
Pembalap asal Depok, Dimas saat melahap sirkuit Catalunya.

Nama Mandalika juga merupakan nama sirkuit yang disiapkan untuk menggelar MotoGP Indonesia. Sirkuit Mandalika dengan panjang sekitar 4,32 km dan memiliki tikungan sebanyak 17 buah berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Tim MotoGP Indonesia, Rapsel Ali, mengatakan Tim MotoGP Indonesia akan berkolaborasi dengan technical support dari negara lain.

Dimas Ekky Pratama yang sempat berlaga di Moto2 beberapa waktu lalu akan menjadi pebalap Mandalika Racing Team Indonesia.

Berlaga di Moto2, pebalap Mandalika Racing Team bakal menunggangi motor bermesin Triumph. Seperti diketahui, balapan Moto2 memiliki pemasok mesin tunggal.

Semua motor Moto2 menggendong mesin Triumph berkapasitas 765 cc. Mesin itu diambil dari basis motor produksi massal Triumph, seperti Triumph Street Triple.

Mesin berkonfigurasi tiga silinder 765 cc untuk motor Moto2 itu mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 140 daya kuda pada 14.000 rpm. Mesin itu mampu membawa motor Moto2 melesat hingga kecepatan lebih dari 300 km/jam yang telah dicapai Nicolo Bulega di Mugello.

Meski menggunakan mesin yang sama, pebalap Moto2 bisa memakai sasis berbeda-beda. Saat ini, konstruktor yang menyediakan sasis di Moto2 antara lain Kalex, MV Agusta, NTS, dan Speed Up. Sasis Kalex sendiri menjadi pilihan dominan di beberapa tim Moto2 musim ini. (dtk)