Fitur Keranjang Belanja di WhatsApp Business Resmi Hadir di Indonesia

0
43
Ilustrasi fitur keranjang belanja di WhatsApp Business. (WhatsApp)
Ilustrasi fitur keranjang belanja di WhatsApp Business. (WhatsApp)
Ilustrasi fitur keranjang belanja di WhatsApp Business. (WhatsApp)
Ilustrasi fitur keranjang belanja di WhatsApp Business. (WhatsApp)

RADAR BOGOR, WhatsApp di Indonesia kembali mengumumkan fitur terbarunya. Kali ini, yang dihadirkan WhatsApp adalah fitur WhatsApp Business yang memiliki Keranjang Belanja (cart) secara langsung.

Hal tersebut diklaim akan semakin mempermudah proses pemesanan dan penjualan via aplikasi.

Pihak WhatsApp di Indonesia menjelaskan, WhatsApp Business telah berkembang menjadi gerai toko tempat pelanggan bertanya dan melakukan aksi jual-beli.

’’Sehingga para pengguna, baik pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) maupun pelanggannya, sangat dimudahkan. Terutama bagi masyarakat yang mencari alternatif belanja jelang momen belanja akhir tahun sembari tetap menjaga jarak fisik,’’ ungkap pihak WhatsApp melansir JawaPos.com.

Fitur Keranjang Belanja juga disebut membuat pengalaman berbelanja menjadi semakin efisien, terutama dari toko yang memiliki banyak pilihan produk atau layanan seperti restoran atau toko pakaian.

Dengan fitur Keranjang Belanja, para pelanggan toko di WhatsApp Business cukup menelusuri Katalog, memilih beberapa produk yang disukai, lalu mengirimkan semua pesanannya dalam sebuah chat kepada admin toko.
Pelanggan tidak lagi direpotkan dengan mengetik pesanan satu-persatu.

Hal ini juga akan mempermudah admin toko untuk melacak pesanan, mengelola permintaan dari pelanggan, dan memproses pesanan dengan lebih efisien.

Agradaya, bisnis rempah dan bumbu berbasis berkelanjutan di Yogyakarta, mendapatkan akses awal untuk menguji coba fitur baru ini.

Mereka menyatakan Keranjang Belanja telah memudahkan pengelolaan pesanan pelanggan tanpa harus diskusi berkepanjangan, sehingga meminimalkan kemungkinan terjadi kesalahan pemesanan.

Sepanjang tahun ini, WhatsApp Business telah meluncurkan beberapa pembaruan, termasuk Kode QR, Katalog, dan Keranjang Belanja untuk meningkatkan efisiensi pengalaman belanja bagi penggunanya serta memudahkan siapa saja untuk mengembangkan bisnis.

Salah satu pengguna WhatsApp Business yang merasakan fitur ini di tahap awal adalah pemilik Make A Whiz Jessica Yuri yang juga pengguna aktif WhatsApp Business.

Jessica dan timnya mengoptimalkan fitur seperti Katalog, Balasan Cepat, dan Label untuk mengelola permintaan pelanggan.

’’Tim kami sangat menyukai fitur Label, Kami selalu mengacu pada fitur label untuk memeriksa status pesanan. Fitur ini juga membuat kami lebih terorganisasi dan semakin cekatan dalam merespon pelanggan kami,’’ jelas Jessica. (jawapos)