KAI Sediakan 879.736 Tiket Mudik Lebaran 2020, Sudah Bisa Dipesan

0
103
Calon penumpang saat antri di loket kereta Stasiun Bogor. Nelvi/Radar Bogor
Calon penumpang saat antri di loket kereta Stasiun Bogor. Nelvi/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Masyarakat yang ingin melakukan tradisi mudik saat hari raya Idul Fitri 1441 H, yang jatuh pada 24-25 Mei 2020, sudah bisa memesan tiket perjalanan mudik.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) tahun ini menyediakan 879.736 tiket untuk akomodasi Lebaran 2020.

Tiket untuk keberangkatan Daop 1 Jakarta sudah bisa dipesan sejak Jumat (14/2/2020) lalu. Penjualan tiket KA Reguler untuk masa Angkutan Lebaran juga sudah mulai dijual sejak H-90 untuk keberangkatan H-10 Lebaran atau 14 Mei 2020 dan seterusnya.

“Tiket KA Reguler masa Angkutan Lebaran akan dijual mulai 14 Februari pukul 00.00 WIB melalui website KAI, aplikasi KAI Access, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.” ujar Executive Vice President, Dadan Rudiansyah.

Untuk melayani perjalanan mudik para pengguna kereta api (KA), Daop 1 Jakarta akan mengoperasikan 67 KA Reguler, yang terbagi 37 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir, 27 KA dari Stasiun Pasar Senen, dan 3 KA dari Stasiun Jakarta Kota.

Sedangkan untuk ketersediaan tempat duduk (TD), dalam kurun waktu 22 hari masa Angkutan Lebaran 14 Mei-4 Juni 2020 (H-10 sampai dengan H+10) untuk keberangkatan KA Reguler di area Daop 1 Jakarta tersedia sebanyak 879.736 TD, yang terbagi dari 405.856 TD keberangkatan dari Stasiun Gambir, 426.360 TD keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, dan 47.520 TD dari Stasiun Jakarta Kota.

“Di masa angkutan Lebaran tahun ini, ada beberapa KA baru keberangkatan di wilayah Daop 1 Jakarta, sesuai Gapeka 2019. Seperti hadirnya KA Anjasmoro, Dharmawangsa, Turangga, Argo Wilis, dan Malabar. Semoga semakin dapat mengakomodir kebutuhan pengguna KA untuk perjalanan mudik,” Dadan.

Sementara itu, Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, sebagai langkah antisipasi meningkatnya jumlah pengunjung channel penjualan tiket, KAI telah mengoptimalkan sistem penjualan tiket serta menambah kapasitas server dan bandwidth sebanyak dua kali lipat dari hari biasa. Hal ini bertujuan agar proses pemesanan tiket di seluruh channel dapat berjalan dengan lancar.

PT KAI Daop 1 Jakarta mengimbau kepada calon penumpang agar lebih teliti dalam menginput tanggal, rute, atau data diri penumpang saat melakukan pemesanan tiket. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi perjalanan ke stasiun.

“Pastikan pemesanan tiket Lebaran melalui channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerjasama dengan KAI. Guna menghindari penipuan, gangguan sistem, atau adanya biaya jasa yang tidak wajar,” tukasnya. (ded)