Sambut Imlek, Vihara Dhanagun Pajang Ratusan Lilin Raksasa hingga Cuci Atap

0
478
Pengelola Vihara Dhanagun mempersiapkan lilin untuk menyambut Hari Raya Imlek, Jumat (20/1). (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Berbagai persiapan dilancarkan pengurus Vihara Dhanagun Kota Bogor menyambut Tahun Baru Imlek 2574. Hampir setiap sisi bangunan vihara ini didandani.


Tenda megah terpasang di halaman luar vihara. Puluhan lampion menggantung rapi tepat di bawahnya. Tembok vihara juga dicat kembali hingga tampak lebih kinclong.

Pengurus vihara juga tampak tengah sibuk hilir mudik menyusun ratusan lilin berukuran raksasa di halaman vihara. Beberapa di antaranya tengah berada di atap mencuci setiap genting vihara hingga kembali berwarna oranye.

Hal yang sama juga tampak di bagian dalam bangunan vihara. Sejumlah lampu lampion menyala kelap-kelip membuat suasana terasa meriah.

Pengurus Harian Vihara Dhanagun, Ayung Kusuma mengatakan, sejumlah persiapan memang sudah dilakukan pihaknya sejak beberapa hari lalu. Hal itu semakin giat dilakukan hingga hari ini.

“Kami keluarkan lilin-lilin milik jemaah yang nantinya akan mulai dinyalakan besok. Biasanya mereka berdatangan sejak pukul 2 siang dan puncaknya menjelang pukul 12 malam,” terang Ayung saat ditemui Radar Bogor, Jumat (20/1).

Nantinya lilin-lilin tersebut akan dibiarkan menyala selama beberapa hari hingga menjelang perayaan Cap Go Meh.

Beberapa persembahan juga terlihat sudah tersusun di depan pintu masuk ruangan ibadah. Kue keranjang yang menjadi khas perayaan Imlek disusun menggunung dengan makna pengharapan kehidupan akan meningkat di tahun yang baru.

Ayung berharap di tahun baru Indonesia masih berada dalam situasi yang damai dan rukun. Tidak ada keributan soal agama sehingga seluruh masyarakat bisa hidup dengan sejahtera.

Dekorasi khas Imlek juga terlihat di sepanjang Jalan Suryakencana, Kelurahan Gudang. Lampu-lampu lampion melintang di atas lalu lintas yang padat. Pemandangan ini tampak mulai dari Lawang Surya Kencana hingga kawasan Gang Aut.


Tak hanya di jalan toko-toko yang ada di sepanjang jalan ini juga turut memasang dekorasi Imlek di depan bangunannya. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto