CIBINONG-RADAR BOGOR, Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H tahun 2020, PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor telah mempersiapkan pelayanan air bersih agar tetap berjalan dengan baik dari segi kualitas, kuantitas maupun kontinuitas (K3).
Dampak pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia melumpuhkan berbagai sektor ekonomi, tidak hanya di Indonesia bahkan di seluruh dunia.
Begitu pula dengan PDAM Tirta Kahuripan, sebagai perusahaan daerah yang bergerak dibidang jasa turut menaati surat edaran Bupati Bogor No. 800/2038/BKPP dengan melaksanakan WFH (work from home) dan social distancing guna mencegah penyebaran virus Covid-19.
Ditektur Utam PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor Hasanudin Tahir menjelaskan, dalam menghadapi pandemi ini, pihaknya selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan.
“Dengan dibukanya sistem pembayaran online maupun pencatatan meter mandiri pelanggan tidak harus bertemu langsung dengan petugas,” ujar Hasanudin.
Selain itu, PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor dalam memberikan bantuan sosial telah terealisasi dengan baik ke wilayah red zone terdampak Covid-19, berupa pembagian sembako dan 31 unit wastafel portable yang disebar ke berbagai Puskesmas maupun pasar serta Instansi lainnya yang ada di wilayah Kabupaten Bogor.
Pada kesempatan ini pun, PDAM Tirta Kahuripan turut membagikan paket sembako melalui Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bogor, sejumlah 1.000 paket kepada warga yang terdampak Covid-19 dan 1.000 paket BHR kepada warga yang berada di wilayah Cabang Pelayanan, maupun Instalasi PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor serta kepada pelanggan yang terdampak Covid-19.
Sampai saat ini kondisi pengaliran kepada para pelanggan PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor masih berjalan normal.
Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan pengaliran air bersih kepada para pelanggan PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor pada saat libur Hari Raya Idul Fitri 1441 H, PDAM melakukan berbagai upaya.
“Upaya – upaya yang dilakukan agar operasional tetap berjalan seperti biasanya adalah menyiagakan petugas teknis sebanyak 155 orang dari bagian teknik maupun non teknik untuk tetap siaga selama 24 jam secara bergantian selama libur Idul Fitri,” paparnya.
Selain itu apabila terjadi gangguan pengaliran air bersih, PDAM menyediakan bantuan air bersih yang didistribusikan secara gratis melalui 6 unit mobil tanki berkapasitas 4.000 m dan 5.000 m3 ke wilayah pelayanan yang terganggu pengaliran airnya. Permintaan bantuan air bersih melalui mobil tanki dapat menghubungi kantor Cabang Pelayanan terdekat.
Saat ini jumlah Pelanggan PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor sebanyak 174.886 sambungan langganan yang tersebar di 8 (delapan) Cabang Pelayanan yang terbagi di dua wilayah yaitu Kabupaten Bogor sebanyak 7 Cabang Pelayanan dan di Kota Bogor terdapat 1 Cabang Pelayanan.
“Dalam kesempatan ini pula, Direksi beserta seluruh karyawan/ti PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Taqobalallahu minna wa minkum, Minal Aidin Wal Faidzin – Mohon maaf lahir dan bathin. Semoga pandemi Covid-19 ini cepat berlalu, Aamiinn YRA,” ungkapnya. (*/ysp)