GUNUNGPUTRI-RADAR BOGOR, Menyambut New Normal, sejumlah petugas Perusahan Listrik Negara (PLN) melakukan pembacaan meter pelanggan dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.
Rencana tersebut disampaikan Manager Bagian Transaksi Energi Listrik PLN Gunungputri, Muh. Muzani, Selasa (2/6). “Kami lakukan mulai dari Mei sampai Juni 2020,” kata dia kepada Radar Bogor, Selasa (2/6).
Dia menjelaskan, pembacaan meter bulan ini dilakukan untuk tagihan rekening pada Juni 2020. Nantinya, kata dia, petugas PLN Gunungputri melaksanakan dengan dilengkapi APD dan tetap memperhatikan pedoman pencegahan penyebaran covid – 19 seperti yang dipaparkan Kemenkes RI.
Selain itu, dia menyebutkan, PLN juga menyiapkan layanan baca meter mandiri melalui aplikasi WhatsApp messenger PLN 124 dengan nomer 08122 123 123 yang dapat dilakukan pelanggan mulai tanggal 24 s.d 27 setiap bulannya.
“Pelaporan baca meter mandiri oleh pelanggan yang valid adalah pengiriman foto angka stand meter. Jika pelanggan tidak dapat melakukan baca meter mandiri dan rumah pelanggan tidak dapat didatangi petugas baca meter maka PLN Gunung Putri akan menghitung pemakaian rata rata 3 bulan terakhir untuk tagihan rekening bulan Juni 2020,” ungkap dia.
Untuk penyesuaian tagihan rekening, menurut dia, ketika kondisi sudah kembali normal pihaknya telah menyediakan layanan contact center PLN 134 untuk berbagai keluhan. “Kami berharap layanan ini dapat membantu masyarakat di tengah pandemi covid – 19 seperti sekarang. Semua tetap dapat berjalan tanpa ada resiko tertular virus,” tandas dia.
Sebelumnya Ratusan ribu pelanggan UP3 Gunungputri mendapatkan pembebasan biaya listrik dan keringanan tarif hingga 50 persen.
Manager Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PLN UP3 Gunungputri, Meinandra Dwi Anugrah Putra menjelaskan, penerapan kebijakan pemerintah (pusat) sejauh ini berjalan baik. UP3 Gunungputri diketahui membawahi tiga wilayah di antaranya, ULP Citeureup, Cileungsi, dan Jonggol
Dia menuturkan, penerapan kebijakan tersebut dilakukan secara nasional. Artinya di seluruh Indonesia. Untuk tarif R1 daya 450 VA pembiayaannya gratis. Kemudian, kata dia, Tltarif R1 Daya 900 VA mendapat diskon 50 persen. “Ini diberikan selama tiga bulan rekening April sampai dengan Juni 2020,” kata dia.
Dia menambahkan, pelanggan yang berhak menerima kebijakan selama masa pandemi Covid–19 ini pelanggan yang termasuk di dalam data TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan).
Menurut dia, bedasarkan data catatan UP3 Gunungputri terdapat 190.880 pelanggan yang berhak menerima kebijakan tersebut. Khususnya, di tiga wilayah unit layanan yakni ULP Cileungsi, Citeureup, dan Jonggol. “Kami berharap kebijakan ini dapat meringankan beban masyarakat karena lesunya perekonomian akibat pandemi Covid–19,” tandas dia.(reg)