BOGOR-RADAR BOGOR, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong merupakan salah satu rumah sakit yang memiliki peran strategis dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia pada umumnya dan warga Kabupaten Bogor pada khususnya.
Direktur RSUD Cibinong, dr. Wahyu Eko Widiharso, Sp.OT., MARS, menuturkan bahwa dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, RSUD Cibinong senantiasa terus meningkatkan mutu layanan secara konsieten dan berkesinambungan. Karena sejatinya pelayanan yang berkualitas merupakan tolak ukur kepuasan pasien. Sehingga dengan layanan yang baik, pasien merasa terpanggil untuk berkunjung kembali ke RSUD Cibinong.
“Demi mewujudkan pelayanan kesehatan optimal RSUD Cibinong harus memberikan pelayanan yang dapat memuaskan pasien dengan sistem layanan capet, akurat dan terpercaya, serta adaptif terhadap kemajuan zaman. Dengan demikian fungsi RSUD Cibinong sebagai tuan rumah sakit tipe B di Kabupaten Bogor tidak diragukan lagi pelayanannya di masyarakat,” ujarnya.
Disinggung soal perkembangan pasien Covid-19, dokter yang akrab disapa dokte Wahyu Eko ini menjelaskan, secara umum saat ini kondisinya belum menunjukkan penurunan signifikan. Walaupun terjadi penurunan, kita harus tetap waspada tidak boleh lengah.
“Pada saat ini RSUD Cibinong telah berusaha melengkapi pelayanan yang berhubungan dengan fasilitas penunjang untuk penanganan pasien. Mulai dari ruang IGD isolasi, ruang ICU Covid-19, layanan PCR dan ketersediaan ruang perawatan isolasi, serta kamar operasi khusus untuk pasien Covid-19 dengan didukung tenaga medis yang berpengalaman,” ujar dokter Wahyu Eko.
Semenjak RSUD Cibinong ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan Covid-19, pihaknya memastikan bahwa pasien non Covid-19 atau pasien reguler tetap mendapatkan pelayanan prima tanpa membedakan status sosial dengan prinsip keamanan dan kenyamanan bersama.
Bagi pasien reguler, pelayanan yang diberikan tidak bercampur dengan pasien Covid-19. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir risiko penularan. Sehingga, pasien reguler tidak perlu khawatir saat berobat di RSUD Cibinong.
“Pada akhirnya kedisiplinan pasien dan tenaga medis dalam menjalankan protokol kesehatan sangatlah dibutuhkan. Selain itu, kebersihan sarana dan lingkungan rumah sakit yang terjaga, keterbukaan informasi antara pasien dan dokter, serta dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat merupakan faktor yang memperlancar keberhasilan pelayanan RSUD Cibinong pada masa pandemi Covid-19,” singkat dokter Wahyu Eko. (*)