Tingkatkan Kualitas Pelayanan, BPN Kabupaten Bogor Bertekad Jadi Kantor Zona Integritas

0
30
Kepala BPN Kabupaten Bogor, Sepyo Achanto.
Kepala BPN Kabupaten Bogor, Sepyo Achanto.

BOGOR-RADAR BOGOR, Kepala Kantor (Kakan) Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Bogor, Sepyo Achanto bertekad memperbaiki kualitas pelayanan publik untuk mewujudkan BPN jadi zona Integritas (Wilayah Bebas dari Korupsi, dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani).

“Zona integritas sudah menjadi tuntutan bagi kita. Kita tidak bisa lagi bekerja dengan pola lama. Kita harus mau berubah sesuai tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kita,” ujar pria yang pernah mendapatkan penghargaan pelopor Zona Integritas dari Kementerian PAN dan RB tersebut.

Menurutnya, masyarakat saat ini sudah sangat kritis dalam menilai kualitas pelayanan publik. Pelayanan yang lama dan berbelit-belit sudah tidak jamannya lagi. Kanal pengaduan pelayanan publik sudah tersedia dan mudah diakses oleh masyarakat. Dengan begitu pelayan publik tidak bisa menghindar dari keluhan dan kritikan masyarakat.

Dan karena kantor BPN Kabupaten Bogor jadi salah satu instansi dengan jumlah layanan yang sangat tinggi. Menurut Sepyo, membangun zona integritas tidak bisa dihindarkam lagi. Apalagi Kantor BPN yang berada di Jl. Tegar Beriman ini tidak pernah sepi pada hari kerja.

Sepyo menjelaskan, kantor BPN Kabupaten Bogor sudah melaksanakan layanan elektronik. Salah satunya adalah layanan Hak Tanggungan elektronik. “Dengan layanan elektronik, pemohon tidak perlu bertatap muka untuk mendaftarkan Hak Tanggungan. Cukup mengakses akun elektronik untuk mendaftar kemudian diproses selama 7 hari baru diterbitkan sertifikat Hak Tanggungan secara online,” jelasnya.

Dia mengatakan, layanan elektronik salah satu sistem layanan untuk tujuan memudahkan masyarakat. Dengan begitu layanan ini bisa dilakukan dari rumah.