JAKARTA-RADAR BOGOR, Selama masa pandemi COVID-19, potensi industri Fixed Broadband Internet di Indonesia masih sangat besar. Secara bisnis, PT Link Net Tbk dengan brand First Media mengalami peningkatan yang cukup signifikan dan optimis terus bertumbuh meski di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi dan bisnis.
Adanya penerapan social atau pyshical distancing serta Work From Home (WFH), mendorong kebutuhan masyarakat terhadap konten-konten digital dan akses ke layanan internet.
Hal ini memberikan dampak pada layanan First Media yang mengalami kenaikan traffic internet secara signifkan sekitar 47%, dan peningkatan jumlah pelanggan sebesar 40% pada pertengahan Maret hingga Mei 2020, dibandingkan dengan periode sebelum WFH.
Berdasarkan pencatatan kuartal 1-2020, First Media telah menambahkan 73.629 Home Passed, sehingga total Home Passed menjadi 2,54 juta. Di periode yang sama, peningkatan juga terjadi pada jumlah pelanggan baru yang naik 31.757 pelanggan, sehingga total menjadi 699.962; dimana 32% pelanggan baru berasal dari Batam, Semarang, Medan, Solo, Bali, dan kota lainnya.
Hingga akhir Mei 2020, total pelanggan menjadi 743.479, atau naik sebanyak 75.274 pelanggan, jumlah ini melampui total penambahan pelanggan sepanjang tahun 2019 yang mencapai 73.498.
COVID-19 menjadi game changer di tahun 2020 dan berpotensi mendorong percepatan tranformasi digital dari adanya perubahan perilaku masyarakat, yang kini semakin dituntut untuk mampu beradaptasi dengan aktivitas dan layanan berbasis teknologi digital.