Di Tengah Pandemi, Pendapatan XL Axiata Tumbuh 8 Persen

0
53
Direktur & Chief Teknologi Officer, I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Information-Digital Officer, Yessie D. Yosetya, Presiden Komisaris, Dr. Muhamad Chatib Basri, Presiden Direktur & CEO, Dian Siswarini dan Direktur & Chief Financial Officer XL Axiata, Budi Pramantika (Foto: XL Axiata)

Terakhir, juga karena faktor biaya pemasaran yang turun 6%YoY setelah lebih banyak penggunaan saluran digital.

Trafik data sepanjang sembilan bulan pertama 2020 meningkat 47% yoy dari 2.386 Petabyte menjadi 3.496 Petabyte.

Sementara itu jika dihitung per kuartal, pada kuartal ketiga tahun ini, trafik data meningkat 4% QoQ. Peningkatan trafik tidak terlepas dari bertambahnya jumlah total pelanggan, yaitu menjadi 56,9 juta, meningkat dari kuartal sebelumnya sebanyak 55,7 juta.

Sementara, tingkat penetrasi smartphone pelanggan meningkat tipis dari 87% di kuartal sebelumnya menjadi 88%. Di sisi lain, rerata pendapatan per pelanggan atau ARPU campuran meningkat dari sebelumnya Rp. 34.000 menjadi Rp. 36.000 di periode yang sama tahun ini.

Sepanjang sembilan bulan pertama 2020, EXCL, anggota indeks Kompas100 ini,  juga mengenalkan beberapa penawaran baru, yaitu Fitur XTRA UNLIMITED TURBO dan Unlimited 1 jam untuk pelanggan layanan prabayar XL, dan paket Edu-Pack untuk pelanggan AXIS, juga myPRIO x unlimited untuk pelanggan pascabayar Prioritas.

“Pemanfaatan digital IT, artificial intelligent dan data analytics juga terus XL Axiata lanjutkan untuk mengidentifikasi apa saja kebutuhan setiap segmen pelanggan atas layanan telekomunikasi dan data,” katanya.