Suzuki Sumringah, GAIKINDO Ungkap Penjualan di November Naik 9,8%

0
38
Pasar otomotif mulai pulih setelah melemah akibat pandemi Covid-19. Hal ini dibuktikan dengan rapor penjualan GAIKINDO bulan November yang mencatat kenaikan wholesales sebesar 9,84%. (Istimewa)
Pasar otomotif mulai pulih setelah melemah akibat pandemi Covid-19. Hal ini dibuktikan dengan rapor penjualan GAIKINDO bulan November yang mencatat kenaikan wholesales sebesar 9,84%. (Istimewa)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pasar otomotif mulai pulih setelah melemah akibat pandemi Covid-19. Hal ini dibuktikan dengan rapor penjualan GAIKINDO bulan November yang mencatat kenaikan wholesales sebesar 9,84%.

Dari angka tersebut, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan kontribusi dengan peningkatan wholesales hingga 60% dan retail sales 27% jika dibandingkan bulan Oktober. Pencapaian ini membawa Suzuki menguasai 15,3% pangsa pasar wholesales dan 12,9% pada pangsa pasar retail sales pada November lalu.

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS kepada JawaPos.com, Selasa (21/12) mengungkan kalau dari data GAIKINDO, angka penjualan kendaraan roda empat kembali naik di November.

“Hal ini pun terjadi dengan penjualan Suzuki yang naik cukup signifikan. Kami harap dengan meningkatnya angka penjualan saat ini bisa menjadi tahap recovery dan bahkan terus membaik sehingga pasar otomotif kembali terstimulus dan pulih,” ujar Donny.

Donny menambahkan selain pertumbuhan penjualan di November, pangsa pasar Suzuki sepanjang 2020 pun mengalami peningkatan. Dari Januari hingga November, Suzuki meraih pangsa pasar wholesales sebesar 12,3% dan retail sales sebesar 12,5%.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019, pencapaian pangsa pasar ini tumbuh 2,7% baik dari wholesales maupun retail sales dimana di tahun 2019 Suzuki menguasai 9,58% pangsa pasar wholesales dan 9,81% di sisi ritel.

Pertumbuhan penjualan dan pangsa pasar Suzuki bulan November masih didominasi New Carry Pick Up yang berkontribusi 67,7% terhadap wholesales dan 62,5% terhadap ritel nasional Suzuki.

Setelah itu, disusul XL7 dengan kontribusi 12% untuk wholesales dan 13,2% untuk ritel, serta All New Ertiga yang berkontribusi 9,3% untuk wholesales dan 11,8% untuk retail sales.

“Adanya peningkatan penjualan pada November lalu, baik dari Suzuki maupun pasar kendaraan roda 4 secara keseluruhan membawa harapan baru untuk industri otomotif Indonesia. Kami berharap agar pandemi segera berakhir, sehingga semua sektor industri, khususnya otomotif, kembali stabil dan terus meningkat,” tutup Donny. (jawapos)